Monday 8 August 2016

kesalahan bermain gitar karena perlakuan string yang salah

Seringkali saya mendengar beberapa gitaris yang mengeluhkan suara stringnya yang dirasa mengganggu. Mereka beranggapan hal tersebut terjadi karena kesalahan sang gitaris sendiri atau ketidakpiawaian gitaris memainkan string. Padahal tidak semua kesalahan bermain gitar disebabkan karena ketidakmampuan sang gitaris bermain gitar, melainkan kurangnya pengetahuan mereka mengenai cara memperlakukan atau merawat string. Selain itu biasanya suara mendengung yang keluar dari string gitar juga diakibatkan karena hal-hal dibawah ini:

a. Set-up yang kurang tepat
Ya, st-up adalah tahap paling penting sebelum bermain gitar. Jika kamu salah melakukan pemasangan maka suara yang keluar biasanya aneh, jika kamu tidak mengerti komponen gitar sebaiknya jangan melakukan set-up sendiri dan lebih baik menghadirkan ahlinya.  Ini adalah cara terbaik untuk memastikan semua set-up dilakukan dengan benar dan tidak ada lagi suara mendengung.

Tapi saya sarankan jangan terus mengandalkan sang agli, sama seperti kamu belajar untuk melakukan tuneups mobil sendiri, kamu juga dapat (dan mungkin harus) belajar untuk melakukan setup gitar sendiri. Ada banyak ahli gitar yang bersedia mengajarkanmu tentang hal ini asalkan dengan sejumlah bayaran tentunya.

b. Tidak menekan string dengan cukup keras
Selain salah menekan note ditempat yang tepat, suara string yang mendengung juga bisa berasal dari lemahnya tekanan string. Bahkan jika posisi jari-jarimu sudah tepat namun tekanan string lemah tidak akan ada suara yang dihasilkan. Jika kamu kesulitan menekan dengan keras jangan khawatir, karena dengan praktek yang konsisten pelan-pelan kamu pasti bisa membangun kekuatan tangan

c. Temperatur yang kurang tepat
Gitar, terutama jika kamu beli gitar akustik biasanya sangat sensitif terhadap kelembapan. Jika kamu tinggal di iklim yang sangat kering atau sering menggunakan pemanas atau pendingin udara di dalam rumah, gitarmu beresiko menjadi terlalu kering. Kekeringan pada gitar akan menyebabkan suara dengungan. Membeli humidifier kamar adalah jalan keluar untuk masalah ini.

No comments:

Post a Comment