Tuesday 9 August 2016

Tips menulis lagu untuk gitaris

Banyak gitaris sangat ingin memiliki kemampuan menulis lagu namun tidak paham bagaimana caranya. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka mengenai teori musik sehingga saat dituntut untuk merancang komposisi lagu maka mereka bingung harus mulai darimana. Nah, untuk kamu yang berminat merancang lagu sebaiknya belajar dulu teori musik.

Nah, tapi kalau kamu merasa sudah kepalang atau nanggung menjadi gitaris semi profesional namun merasa tidak mengerti bagaimana belajar teori musik seorang diri, kamu bisa mencoba cara lain untuk mengasah keterampilan membuat lagu, berikut saran mudahnya dari saya:

a.Tulis apapun setiap hari
Untuk bisa menulis lagu yang baik kamu harus membiasakan diri untuk menulisnya. So, berlatihlah menulis lagu setiap hari mulai dengan yang menurutmu paling sederhana. Dengan menulis setiap hari kamu akan terbiasa membuat lagu dan mengerti alurnya. Setelah mengerti alur sebuah lagu kamu juga bisa menciptakan lagu serupa namun dengan sedikit berbeda, disinilah kamu mulai bisa mengeksplorasi lagu

b.Tulis ulang
Ketikan selesai menulis lagu baru jangan langsung menghapusnya karena membayangkan bagaimana suaranya akan terdengar. Tapi, cobalah untuk memainkannya berulang-ulang baru kemudian melakukan evaluasi pada permainanmu sendiri dan tulis ulang yang menurutmu komposisinya paling tepat. Dengan cara ini kamu dapat belajar menilai kesalahan sebuah komposisi lagu

c. Bermain bersama-sama
Coba ajak pemegang instrumen lain untuk sama-sama memainkan musik karanganmu, dengan begitu ada teman yang akan mengingatkan kamu tentang kesalahan nada atau lirik lagu yang sekiranya kurang enak didengar. Intinya bermain bersama kawan-kawan dapat menjadi media evaluasi terbaik. Percuma kan sudah beli gitar mahal dan lelah menciptakan lagu tapi ternyata setelah diluncurkan menurut orang lain lagumu masuk dalam kategori buruk.

No comments:

Post a Comment